Satu Tahun Philocoffee Project

Kami memulai kerja Philocoffee Project pertama kali pada 01 Maret 2011. Di awal, kolektif kami tertarik untuk membangun aktivitas minum kopi di luar rumah sebagai lokus sosial alternatif, dan di saat bersamaan membangun ruang publik tersendiri yang semakin minim di kehidupan urban. Dengan latar belakang pendidikan berbeda-beda di setiap individu Philocoffee Project, seperti filsafat, geologi, dan seni murni, kami mendambakan diskusi-diskusi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan diskursus yang terjadi bisa ditelaah bersama seraya menikmati kopi kegemaran. Mulailah kami menyusun kerangka kerja Reclaim The Street!, dalam hal ini adalah Kedai Kopi Kelana dan Metacoffee yang berjalan beberapa bulan di jalanan seputaran Dago, Bandung.

Dalam perkembangan Philocoffee Project sebagai kolektif kerja, kami selalu berusaha untuk memadukan antara bisnis dengan hasrat kami akan ilmu pengetahuan. Selain menjual alat-alat penyeduhan kopi dan biji kopi, kami juga memusatkan perhatian pada penulisan mengenai hal-hal terkait kopi. Melalui blog ini, kami menulis yang sudah kami dapatkan dan terus kami pelajari. Sejak September 2011, kami memutuskan untuk membentuk unit kerja baru kami, yaitu Divisi Penelitian dan Pengembangan.

Kami mulai menelaah persoalan transformasi konsumsi dan disposisi kultural (gaya hidup) yang terjadi di tengah para peminum kopi masyarakat perkotaan. Dan, riset mutakhir kami mengenai perkembangan peningkatan kualitas mutu kopi dan mata pencaharian petani di Sulawesi Selatan. Pada November 2011, kami juga menggelontorkan forum kajian, yaitu Klub Kajian Kopi (KKK). Melalui KKK ini kami berharap akan terciptanya infrastruktur jejaring informasi dan jejaring kerja terkait upaya memajukan dunia kopi di Indonesia.

Pada era marketing 3.0 seperti sekarang, kami menyadari bahwa setiap node rantai pasokan memiliki rantai nilai yang sangat berharga dan bersifat horisontal. Kami berusaha untuk menjadi rekanan yang baik dan amanah terhadap para mitra kerja kami dan para pelanggan. Melalui momentum satu tahun kami bekerja ini, kami hendak mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan, pemasok, mitra kerja, dan kolega-kolega kami serta para pembaca blog ini. Meski kami menyadari bahwa kerja kami jauh dari kata sempurna, kami merasa bersyukur jika kehadiran kami di jagat kopi Indonesia telah memberikan kontribusi, sekalipun itu kecil, bagi perkembangan dunia kopi di Tanah Air.[]

9 thoughts on “Satu Tahun Philocoffee Project

  1. Maju terus dunia perkopian Indonesia…..!!!
    Kami tunggu project” lainnya dan kajian” lainnya agar dunia per-kopian Indonesia lebih maju n berkembaang dr sekarang……!!!
    Congratulation for Philocoffee Project yg sudah ber-usia 1 th.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s