Tentang Philocoffee

Philocoffee

Philocoffee merupakan perusahaan yang dikenal memelopori manual brewing di Indonesia. Embrio Philocoffee terbentuk pada pertengahan 2010, dan mulai bekerja pada awal 2011. Kini, setelah Philocoffee berkiprah selama 3 tahun lebih, sebagian besar pecinta specialty coffee di Indonesia mulai merayakan praktik-praktik penyeduhan kopi berbasis manual brewing dengan menggunakan beragam alat seperti Chemex, Hario, Kalita Wave, AeroPress, Espro Press, Coffeega, Able Disk, BonaVita, Handpresso, dan lain-lain. Dan, kami juga memperkenalkan penggiling kopi Baratza, yang memang terkenal kemampuannya untuk meningkatkan hasil seduhan kopi berbasis manual brewing. Buat kami, tentu itu capaian yang sangat membanggakan. Tidak hanya berhenti pada manual brewing, kami juga menghadirkan produk-produk barista tools dan alat pendukung dari berbagai merek terkemuka di dunia kebaristaan, seperti Motta, Espro, Cafelat, Pallo, KeepCup, iSi, dll.

Kerja kami tidak hanya berhenti pada upaya memopulerkan manual brewing dan barista tools berkualitas dan bermerek di Indonesia. Kami juga menjalankan program-program kerja seperti diskusi berkala, seminar, termasuk penelitian mengenai kebun kopi, yang akses atau hasilnya terbuka untuk publik. Dengan begitu, para pelanggan Philocoffee tidak hanya sekadar berbelanja, tapi juga saling belajar dan bertukar jaringan, informasi, dan pengalaman terkait kopi. Di antara kerjakerja penelitian tersebut adalah Klub Bincang Kopi yang dimulai sejak akhir 2011.

Tahun 2014 merupakan tahun tersibuk bagi Philocoffee lantaran pada tahun inilah kami mulai mengerjakan program pendokumentasian dunia kopi di Indonesia dan melanjutkan penelitian lapangan mengenai peningkatan kualitas produksi di hulu yang sudah kami mulai sejak 2012. Jika pada 2012 penelitian kami di Sulawesi Selatan, pada 2014 ini kami memusatkan perhatian di Jawa Barat.

Untuk kerja pendokumentasian, kami mulai menyusun situs peta direktori mengenai tempat-tempat terkait kopi, seperti kebun, kedai kopi, roaster, lembaga penelitian, dll. Situs ini mulai kami kerjakan pada pertengahan Februari 2014 dan mulai kami luncurkan ke publik pada awal Juni 2014. Situs ini kami namakan Telusurkopi.com.

Selain Telusurkopi.com, pada 1 April 2014, Philocoffee juga meluncurkan program kerja baru, yaitu membangun majalah online berbasis komunitas mengenai kopi, Bincangkopi.com. Situs Bincangkopi.com memuat berbagai tulisan dari berbagai penulis yang memang banyak terlibat dalam dunia kopi atau sekadar pecinta kopi.

Philocoffee tak pernah berhenti menghadirkan produk-produk terbaru dan berkualitas, bekerja secara inovatif, serta membangun jaringan pertukaran pengetahuan. Karena itu, visi dan misi kami adalah bagaimana menjawab kebutuhan Anda agar dapat meningkatkan kualitas pengalaman menikmati kopi Anda baik itu dari segi material maupun pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s