Klub Kajian Kopi (KKK) Vol. 7

Kafe-kafe sejak 2010—2012 bermunculan secara drastis. Dari segi sebaran kawasan, kafe modern muncul tidak hanya di kota Jakarta, tapi juga kota-kota di daerah lain. Dari sisi roaster, pelan-pelan berbagai roaster muncul ke permukaan. Mereka mulai menawarkan corak profil sangrai yang beragam. Dari segi biji kopi berdasarkan kawasan penghasil, single origin, mulai terbentuk pengindikasian kawasan yang mengarah pada mikrolot. Daerah penghasil kopi yang sebelumnya tidak begitu dikenal luas, mulai muncul. Dari segi teknis pascapanen, beberapa petani dan koperasi tani daerah penghasil mulai bereksperimen medote pascapanen. Dari segi sisi teknis penyeduhan, berbagai alat mesin espresso dengan teknologi mutakhir mulai hadir di Indonesia. Begitu juga dengan perkembangan manual brewing yang mulai dilirik sebagai alternatif penyeduhan dari espresso. Kegiatan-kegiatan terkait peningkatan kualitas biji kopi dan peningkatan kualitas seduhan yang dilakukan para penggemar kopi juga hadir. Pendek kata, kita sedang menyaksikan kebangkitan specialty coffee di Indonesia.

Betapapun, pada saat yang bersamaan, dari segi respons konsumen, tetap saja dirasa sulit bagi para pemburu specialty coffee di Indonesia untuk mendapatkan kopi berkualitas specialty. Itu disebabkan selain terminologi specialty coffee menjadi terlalu bebas pemaknaannya juga lantaran terlalu cairnya standardisasi mengenai specialty coffee di Indonesia. Hal itu menyebabkan laju perkembangan specialty coffee di Indonesia seakan-akan lepas arah. Petani, trader, roaster, barista, konsumen dan node-node rantai distribusi di dalam lingkar specialty coffee memiliki tujuan yang belum saling bersinergi secara penuh. Misalnya, ketika di tingkat hulu digalakkan peningkatan kualitas yang menyebabkan tambahan jam kerja dan tenaga kerja serta biaya, siapkah di sektor hilir untuk melakukan penyesuaian harga beli? Quo Vadis? Mau ke manakah perkembangan Specialty Coffee di Indonesia?

Klub Kajian Kopi (KKK) mengundang Anda semua untuk hadir di dalam diskusi ketujuh dari KKK dengan tajuk: Quo Vadis Specialty Coffee di Indonesia?” pada 15 Desember 2012, pkl. 15.00—17.30 WIB, yang bertempat di coffeewar, Jalan Kemang Timur Raya No. 15A, Jakarta Selatan. Diskusi kali ini menghadirkan M. Agam Abgari dari Anomali Coffee, Uji Sapitu (PT Lintang), Derby Sumule (perwakilan Koperasi Tani Benteng Alla Utara di Jakarta), Agus Keritassi (Caswell’s Coffee), Vincensius Dian Wirawan (Indish Archipel), dan Doddy Samsura (1/15 Coffee).

Acara tidak dipungut biaya. Silakan melakukan reservasi dengan menghubungi nomor: 0813-8382-3678 (Sdr. Aditya Rachmat @kurir_kopi).

Untuk mengikuti laporan-laporan diskusi KKK selama ini silakan telusuri di blog ini.[]

Poster KKK 7

3 thoughts on “Klub Kajian Kopi (KKK) Vol. 7

  1. menarik sekali bahasan kopi spesialty ini. Sebagai pemula usaha kopi dan merupakan kawasan originnya kopi gayo di dataran Tinggi Gayo, Aceh, kami memang sudah memulainya. Revolusi Kopi. Bergerak diantara para penjual kopi gayo,dan petani. Kopi spesilty dimulai dari pemilihan varietas yang sudah teruji. Termasuk skore cuppingnya. Dipetik merah, fermentasi, dijemur secara spesial . Bahkan sebagaian dikeringkan dalam kopi gabah demi menjamin rasa dan aroma. Hingga kadar air standar 12 persen. Baru diolah, di buang kulit gabahnya, dijemur lagi menyeragamkan warna dan kadar airnya. Lalu diroasting, dibiar 5-8 jam. Baru diolah atau dipacking. Sayang di hilir belum begitu siap. Pembeli belum mau membeli kopi dengan harga yang sedikit lebih mahal dari kopi grade 1. Sayang tak bisa ikut diskusi karena Gayo dan Jakarta sangat jauh, semoga satu saat, Insya Allah. Bravo kopi Nusantara.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s