#CallForLatteArt Vol. I

Salah satu kendala yang sering ditemui kegiatan perlombaan kebaristaan di Indonesia ialah sulitnya mengumpulkan barista di berbagai tempat di Indonesia ke dalam satu tempat. Kesulitan tersebut umumnya bertumpu pada biaya akomodasi. Karena alasan itu, kami menggagas untuk mengadakan suatu acara kebaristaan yang masih memungkinkan untuk mengumpulkan barista dari berbagai daerah tanpa harus mengeluarkan biaya akomodasi untuk terlibat di dalamnya. Kami mulai menggulirkan acara lomba Latte Art lewat Twitter, dengan tajuk #CallForLatteArt.

Acara atau perlombaan kebaristaan lewat media sosial merupakan peluang dan tantangan tersendiri di Indonesia, mengingat keterbatasan bentuk lomba. Itulah mengapa kami memulainya dengan lomba Latte Art. Lomba latte art yang diadakan lewat Twitter ini merupakan pertama kali dilangsungkan di Indonesia. Kami sangat senang sekali bisa memulainya. #CallForLatteArt volume pertama ini menggandeng Ronald Prasanto @ronprasanto (praktisi gastronomi molekular) sebagai juri. Sebagai awalan, #CallForLatteArt sudah mampu mengumpulkan kurang lebih 92 barista dari Jakarta, Banten, Bogor, Depok, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Medan, Bangka Belitung, dan kota lainnya. Ini merupakan hal menggembirakan lantaran dengan acara ini kita bisa melihat potensialitas barista di Indonesia serta industri kopi itu sendiri. Dunia kebaristaan tidak hanya berkembang di ibukota, tapi juga di tempat lain. Karya para barista yang terlibat #CallForLatteArt juga menakjubkan. Hal tidak kalah penting, pada akhirnya, barista dari berbagai kafe dan tempat bisa saling mengenal satu sama lain melalui lomba #CallForLatteArt.

#CallForLatteArt juga ikut membangun jejaring komunikasi antarbarista Tanah Air. Hadiah yang tak tergantikan dalam partisipasi #CallForLatteArt adalah bertambahnya teman dan tercipta media berbagi mengenai berbagai tips dan teknik antarbarista terhadap sesama barista, bahkan kepada pecinta kopi secara umum.

Dari 92 partisipan, juri Ronald Prasanto akhirnya memilih 2 pemenang. Lomba #CallForLatteArt volume 1 ini dijuarai oleh Viki Rahardja (@VikiRahardja), barista dari Yogyakarta. Sementara itu, juara kedua disabet oleh Yanti (@yanti_ayumi) dari Jakarta. Berikut karya mereka berdua:

Berikut daftar foto yang diikutlombakan oleh berbagai barista dalam #CallForLatteArt:

This slideshow requires JavaScript.

Bagaimana? Jika terpesona dengan kreasi mereka, silakan cek Favorites akun Twitter kami. Di sana ada akun mereka, dan silakan kunjungi masing-masing kafe mereka.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s