Chemex: Sang Legenda (2)

Peter Schlumbohm benar-benar tidak sedang bersenda gurau ketika mengeluarkan pernyataan bahwa “…dengan menggunakan Chemex, orang pandir pun dapat membuat kopi dengan baik”. Pasalnya, sebagian besar orang yang menggandrungi kopi hitam, baik di USA, Eropa, dan Asia, mengakui bahwa Chemex merupakan gawai penyeduh kopi yang mampu menghasilkan kopi dengan karakter yang memanjakan lidah para peminum kopi: aciddity, manis, aroma, dan rasa menjadi jelas ketika dicecap.

Kekuatan Chemex terletak pada kertas penyaringnya yang lebih tebal dan memiliki masa lebih besar sebanyak 20-30% dibanding dengan kertas penyaring kopi merk lain. Kertas penyaring Chemex diformulasikan sedemikian rupa dengan dasar-dasar kimia seturut dengan disiplin keilmuan sang pembuatnya. Peter Schlumbohm menggondol gelar doktoralnya dalam bidang kimia. Tidak heran, dia merancang kertas penyaring yang mampu memilah komponen-komponen yang tidak diinginkan dalam minuman kopi Anda pada saat melakukan proses ektraksi. Kertas tersebut juga menyaring sedimen kopi lebih baik dan pori-porinya mampu mengontrol aliran ekstraksi sehingga tidak terlalu cepat atau lambat. Hal itu membuat proses infusi pada gawai Chemex lebih proporsional dibanding dengan gawai lain yang menggunakan kertas penyaring.

Penggunaan Chemex terbilang mudah. Bahkan sang pembuatnya pun menegaskan bahwa sang pandir pun mampu menggunakan gawai ini (kami juga memuat gambar yang menunjukkan cara pemakaiannya dalam tulisan ini). Chemex, sebagaimana gawai manual lainnya, memberikan kendali penuh kepada Anda: mulai dari rasio, suhu air, aliran air, waktu infusi, dll. Kendali penuh seperti itulah yang membuat gawai penyeduhan kopi manual tak lekang oleh waktu dan tak pernah usai dicari teknik terbaik dalam penggunaannya oleh kalangan pemburu kenikmatan kopi.

Jika Anda memiliki kopi yang segar dan bermutu bagus, profil sangrai kopi yang cocok untuk manual brewing, grinder yang mampu menggiling kopi dengan partikel pas dan seragam, air yang bagus dan suhu air yang pas untuk mengekstraksi, silakan coba diseduh dengan Chemex, dan temukan keunggulan Chemex dan kertas penyaringnya yang mengklaim bahwa tidak akan ada rasa pahit di dalam kopi Anda. Dan, jika Anda juga kolektor karya seni, Chemex merupakan salah satu koleksi dari Museum of Modern Art sejak 70 tahun lalu.[]

4 thoughts on “Chemex: Sang Legenda (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s