Ngeroasting Yuk: Memberdayakan Hot Air Popcorn Popper

Menyangrai kopi atau nge-roasting merupakan hal fundamental dalam mengantarkan Anda kepada surgawi karakter cita rasa sebuah kopi, selain kegiatan tersebut menyenangkan hati. Perkembangan penyangraian kopi (coffee roasting) itu sendiri berkembang pesat sejak pertama kali ia dilakukan pada masa awalnya. Itu mencakup dari metode sampai perantinya. Metode purba adalah dengan menggunakan kuali atau wajan atau tembikar, sementara yang termutakhir adalah dengan menggunakan mesin sangrai baik itu drum maupun air roaster. Melalui roasting seorang penikmat kopi bisa mencari karakter kopi yang diinginkannya. Jika Anda penggemar light roast, tentu itu sulit Anda menemukan itu di Indonesia mengingat secara umum kopi tersangrai dijual paling banyak dengan tingkat sangrai dark, lalu menyusul medium. Pada sisi lain, skala dark, medium, dan light itu sendiri tolok ukurnya bisa berbeda satu sama lain bagi setiap orang, baik itu bagi penikmat maupun penyangrai (roaster), kecuali Anda mengacu pada alat pembaca warna. Sementara itu, karakter kopi yang enak dari segi skala sangrai bagi satu orang boleh jadi berbeda dengan yang lain. Beruntunglah bagi pecinta kopi yang melakukan penyangraian kopinya sendiri di rumah.

Menyangrai kopi di rumah sebenarnya bisa Anda lakukan dengan wajan, atau dengan tembikar seperti pada tulisan kami di sini, atau alat sejenisnya. Tapi, jika Anda kurang puas dengan hasilnya, dan Anda tidak memiliki biaya yang memadai untuk membeli mesin sangrai rumahan yang harganya jutaan rupiah, Anda perlu mencoba menyangrai kopi dengan menggunakan mesin popcorn berbasis udara panas atau hot air. Menyangrai kopi dengan mesin popcorn dari segi harga termasuk terjangkau, bahkan bisa dibilang murah. Kami sering menyangrai kopi di rumah dengan menggunakan mesin popcorn baik itu untuk keperluan pribadi maupun ketika mendapatkan contoh green beans dalam jumlah kecil. Sejauh ini, hasilnya sangatlah menyenangkan dan menantang. Terlepas dari kekurangan alat mesin popcorn dalam menyangrai kopi, paling tidak jika Anda hanya membutuhkan mesin sangrai untuk keperluan pribadi, alat tersebut sangat menantang untuk dicoba. Anda tidak hanya dapat menikmati kopi selalu dalam keadaan paling segarnya, tapi Anda juga bisa belajar secara mandiri mengenai proses penyangraian kopi.

Mesin popcorn yang Anda butuhkan haruslah yang memiliki cara kerja berdasarkan hot air. Alasannya, dengan udara panas itu biji kopi mentah Anda dapat tersangrai dengan baik, tidak terbakar atau menggosong. Dengan sistem hot air itu juga hasil sangraian Anda bisa merata.

Dari segi pemakaian, menyangrai kopi dengan mesin popcorn terbilang mudah. Anda tinggal membiasakan diri untuk menyangrai kopi secara berkala untuk mendapatkan gaya atau cara kerja yang ideal. Biar bagaimanapun juga, menyangrai adalah ketelatenan dan keberkalaan, terlepas Anda menggunakan sekadar wajan atau mesin berkelas seperti Probat.

Kami akan memerincikan proses penyangraian kopi dengan menggunakan mesin popcorn yang bisa dilakukan di rumah masing-masing pada tulisan yang akan datang. Ini sekadar tulisan pengantar dan penyemangat bahwa menyangrai kopi di rumah dengan berbiaya rendah bisa dilakukan.[]

9 thoughts on “Ngeroasting Yuk: Memberdayakan Hot Air Popcorn Popper

  1. hehe akhirnya di tulis jg mengenai popcorn maker as a coffee roaster. my first roaster dulu ya begini, 20bucks second hand popcorn maker.. cuman lumayan tuh bisa sekitar 100-120gr ngga cuman 40-50gr.

    modifikasi yang mungkin bisa di tambahkan adalah semacam chute/cerobong supaya bisa isi lebih banyak dan tidak terbang” beansnya. dan menyimpan panas di dalam chamber roasting lebih baik.

    di jakarta sih kemarin liat di metro gandaria city ada mesin popcorn maker yg bisa di pakai untuk roasting – model bawah bolong” untuk angin panas lewat. princess mereknya sekitar 600-700rb.. bole di coba kalau mau home roasting dengan budget terbatas🙂

    Halo Pak ALbert,

    Iya, akhirnya kami memutuskan untuk menuliskannya. Video penggunaannya sedang dipersiapkan.
    Yang kami beli ini harganya Rp 228.000. Kecil memang ukurannya. Ini sedang mencari yang agak besar. Jika princess popcorn popper itu agak besar, besar kemungkinan akan kami beli untuk dites. Kami menaruh harapan besar akan home roasting berbasis mesin popcorn ini karena alasan biayanya yang benar-benar jomplang jika menggunakan mesin sangrai standard dan dari segi hasil bersaing sekali jika dibandingkan dengan mesin sangrai rumahan.

    Like

  2. Rumahan, tapi tidak murahan, apakah begitu targetnya? :p

    Halo Enrico,

    Benar sekali, Brad. Kami sedang mempersiapkan proyek terbaru dalam agenda kerja kami pada 2012 ini. Salah satunya soal menyangrai kopi dengan mesin popcorn ini.
    Ditunggu videonya Brader🙂

    Like

  3. Pingback: Menyangrai Kopi dengan Mesin Popcorn « Philocoffee Project

  4. looking at the capacity princess punya mungkin mirip sama breville crazy popper yg saya pakai dulu. mustinya sih bisa sekitar 100-120gr. coba deh ntar klo lagi ke gandaria city saya liatin lagi dengan detail. kali” saya gondol pulang juga hehe.

    speed wise memang rada cepat di popcorn maker. cuman dulu kalau lagi winter di perth si bisa rada lamaan karena ambient temprature sangat pengaruh ke waktu roasting di popcorn maker. coba kalau siang sama pagi” atau malem mustinya timingnya sudah banyak berbeda.

    Like

  5. dear Philo,

    akhirnya kebeli juga itu princess popcorn maker, lagi diskon 20% di m3tro jd tinggal 450rban lumayan…

    baru sempet cobain sekali.. sekitar 100gr masih agak sulit untuk menggerakan beansnya si saat awal. kayanya around 70-80gr greens udah bisa muter sendiri. took about 8-10 mins per roast or bit longer.. agak ngasal ngetestnya kemarin ini jadi ngga di timing..

    negative nya bandingin breville punya saya dulu, bagian atasnya ada lubang kecil cuman nggak bisa di buat masukin benda untuk bantu muter beans di saat awal. kalau di breville atasnya bolong besar jadi bisa buat bantu udek” beans di saat awal (otomatis bisa muat lebi banyak beans).

    philo coffee project mo cobain? klo mau bisa saya pinjemin klo untuk di test”🙂

    Like

    • Halo Pak Albert,

      Maaf telat membalas. Terima kasih atas komentar dan tawarannya Pak.
      Kami bersedia Pak jika dipinjamkan.

      Nanti kami hubungi Pak untuk pengiriman barangnya ke tempat kami atau malah nanti kita bertemu di Pasar Santa.

      Like

      • kalau mo di anter kemana let me know aja. or klo mo ketemuan boleh aja. cuman lagi lg rada banyak urusan belakangan.

        klo lagi mampir ke toko di cikajang gampang bisa main ke Pasar Santa.. cmn ngga tentu hari apa atau jam berapanya🙂

        Like

  6. Pingback: Popcorn Roasting | Cikopi

  7. Saya orang baru di dunia kopi, baru belajar juga. Senang bisa dengar obrolan para master kopi…….salam kenal dari saya Agung di jogja

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s