Upaya Mendapatkan Kopi Luar Negeri

 

Sejak beberapa bulan ini, kami berusaha membangun sebuah kios online yang menjual kopi single origin dari berbagai negeri, tidak hanya Indonesia. Di Indonesia cukup sulit mencari biji kopi single origin dari negeri lain, bukan berarti tidak ada sama sekali. Segelintir kafe yang menjual biji kopi single origin dari negeri lain dalam bentuk kemasan pak. Dalam hitungan jemari tangan ada eksportir yang menjual biji kopi luar negeri, tapi dalam jumlah yang besar, akan menyulitkan dibeli oleh kalangan rumah tangga.

Meski kopi dari Indonesia itu dikenal luas sebagai salah satu kopi bagus, itu tidak berarti kita harus menjadi katak dalam tempurung. Kopi sudah seharusnya terbebas dari kurungan nasionalisme cupet. Keputusan kami untuk menyediakan kopi dari negeri di luar Indonesia semata-mata alasan pengayaan perbendaharaan rasa dan informasi bagi pecinta kopi. Tidak lebih! Semakin kita menjajal kopi dari mana saja, maka kita pun akan semakin baik dalam mengenali suatu karakter kopi. Itu dari segi rasa, belum dari segi informasi yang menyertai kopi itu sendiri. Bicara kopi berarti juga bicara cerita. Ada segudang cerita menarik dari suatu kopi yang bisa disimak, dan itu tambah menariknya ketika setiap kawasan penghasil kopi memiliki cerita masing-masing yang berbeda satu sama lain. Kita bisa mengambil pelajaran dari setiap daerah penghasil kopi. Sebut saja, untuk tidak menyebutkan semua, soal fair trade, traceability, dan direct buying.

Pendek kata, jika kita hendak membuktikan apakah kopi dari Indonesia itu memang tidak kalah bagusnya dengan kopi dari luar negeri, mau tidak mau kita harus memiliki pengetahuan akan karakter kopi lain itu seperti apa. itu jika kita memang benar-benar merasa perlu untuk membuktikan hal tersebut. Untuk pribadi kami, kami lebih senang menelusuri dan mencicipi kopi bagus dari mana saja. Kami memercayai bahwa semakin banyak kami mencoba kopi dari daerah mana saja, maka semakin baik pula pemahaman kami akan kopi itu sendiri.

Sayangnya, keinginan untuk membuka kios online yang menyediakan berbagai kopi dari mana saja itu buat kami perlu kami tunda sampai beberapa bulan ke depan. Semoga kami mendapatkan kemudahan untuk menghidupkan mimpi kami ini.

7 thoughts on “Upaya Mendapatkan Kopi Luar Negeri

  1. Selama ini masih mengandalkan gerai besar macam Starbucks untuk mencicip single origin luar. Secara pribadi saya menyukai juga beberapa kopi dari Amerika Selatan yang punya kemiripan dengan kopi-kopi lokal dari tanah Sumatera. Semoga rencana toko online-nya bisa kesampaian dalam waktu dekat dan pastinya “perpustakaan” single origin Philo Coffee ini nantinya bisa makin banyak.

    Like

    • Halo Pak Dimas,

      Terima kasih atas komentarnya.

      Benar Pak, StarBuck masih menjadi andalan sejauh ini untuk mencoba kopi luar negeri.
      Kebetulan kami sedang menjajal 10 kopi dari luar negeri. Kami juga mulai agak paham mengapa kopi Sumatra, terutama Mandailing, dikenal dengan baik di USA dan Eropa lantaran 4 dari 10 kopi yang sudah kami coba itu karakter umumnya dekat sekali dengan kopi dari Sumatra, seperti Panama dan Nikaragua. Kami tidak bilang dua kopi tersebut sama dengan Sumatra. Cuma kami jadi ingat Sumatra ketika mencoba dua kopi tersebut.

      Terus terang, kami senang ketika menjajal Panama lalu disusul dengan Mandailing. Itu membuat kami semakin kerdil dalam mengenali karakter kopi yang begitu kaya.

      Terima kasih, Pak, atas doa dan harapannya. Semoga sehabis Lebaran ini, insya Allah, kami mampu melengkapi koleksi kami.

      Like

  2. Mimpi yang otomatis berkembang di benak semua pecinta kopi. awalnya biasanya histeria tentang brewing tools, lalu berkembang ke arah asak muasal si kopi itu sendiri. setidaknya itu yang aku rasakan dan lihat di banyak orang🙂 Good Luck!

    Like

    • Benar Om. Ini sudah naik kelas perihal racun perkopiannya🙂

      Beberapa hari ini kebetulan di dapur Philocoffee Project sedang menjajal 10 kopi dari luar. Nah, terus terang, untuk deskripsi rasa banyak yang baru dirasakan setelah menjajal kopi-kopi tersebut.

      Pada satu sisi itu mengayakan, pada sisi lain itu juga semakin mengerdilkan kami yang masih banyak belum menjamah kopi dari berbagai penjuru.

      Semakian jauh mengenal, semakin kerdil sih harus diakui🙂

      Like

  3. salam utk philocoffeeproject. menarik websitenya🙂 (dapet link dr website mas toni)

    iya emang susah bener ya nyari kopi dari luar negri, especially yang freshly roasted. kaenya sih karena kita di indo ini kan produsen kopi, jadi import kopi dalam bentuk green jarang”. yang masuk palingan udah blend / single origin di coffee chain luar seperti starbucks, spinelli, etc. nyampe sini udah nggak optimal rasanya.

    selama ini sih kalo nyoba SO luar ya kalo lagi main ke Perth / Sydney. di rumah masi ada stock blue mountain(bukan yg premium quality) sama colombian aa. tinggal dikit though.. good stuff🙂

    Like

    • Halo Bapak Albert Gunawan,

      Salam juga. Terima kasih sudah bertandang dan ikut memberikan komentar di blog kami ini. Kami merasa senang membaca komentar Bapak.

      Iya, Pak, benar bahwa masih jarang roaster di sini yang menyediakan kopi dari luar. Di Caswell untung ada beberapa kopi luar🙂

      Wah, jauh sekali ya Pak minum kopinya🙂

      Nah, barangkali Bapak bisa mengambil kopi dari Campos, Mecca Express, dan Toby’s Estate lalu dijual di sini, Pak?

      Blue Mountain kalo di Jepang bukan barang langka. Konon yang bagusnya memang dieskpor ke sana semua.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s