Introduksi pada Philocoffee Project

Salam.

Perkenalkan, kami adalah segelintir orang yang berkumpul atas dasar kopi dan memutuskan untuk membentuk kolektif kerja soal bahasan kopi, Philocoffee Project. Bagi kami, siapa saja berhak membicarakan dan membahas soal kopi. Metode saintifik adalah satu hal, dan pencerapan indriawi adalah lain hal. Kami percaya bahwa kopi akan menjadi lebih nikmat jika disajikan dengan cara tertentu, baik itu ilmiah atau tidak. Akan tetapi, tetap saja pencerapan indriawi adalah hal yang personal, tidak ada wilayah determinasi pada pencerapan indriawi.

Dalam blog ini, kami mengajak Anda para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman soal kopi, atau barangkali Anda dan kami bisa berbagi informasi soal ikhtiar mendapatkan biji kopi tertentu dan alat penyeduhan kopi.

Bagi kami, espresso adalah salah satu cara penyajian atau cara menikmati kopi. Espresso bukanlah hal mutlak. Kami menolak Espressoisme. Espressoisme dimaksud adalah sikap penstandardisasian bahwa tidak ada kenikmatan kopi di luar espresso. Setiap orang punya cara tersendiri dalam menyajikan kopi, entah itu tubruk atau sistem pour over yang sedang digandrungi belakangan.

Selain itu, bagi kami biji kopi merupakan monumen historis. Di balik biji kopi terekam pelbagai peristiwa historis, mulai dari perbudakan, religiusitas, ekonomi-politik-internasional, sosiokultural, kearifan lokal, hingga tawa-canda. Oleh karena itu, blog ini tidak hanya berisi soal pengalaman kami dalam minum kopi dan menyeduh kopi, tapi juga bahasan akan hal-hal yang terkait dengan kopi.

Salam,

Philocoffee Project

3 thoughts on “Introduksi pada Philocoffee Project

  1. Pingback: Hario Coffee Dripper V60 « philocoffeeproject

  2. Pingback: Kenya Gethumbwini AA « philocoffeeproject

  3. Pingback: Hario Coffee Dripper V60

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s