Buku Pintar Kopi

Judul: Buku Pintar Kopi

Penulis: Ir. Edy Panggabean

Penerbit: AgroMedia

Tahun: 2011 (tanpa bulan)

Tebal: 226 hlm

ISBN: 979-006-330-X

Seperti buku filsafat, buku mengenai kopi masih menjadi barang langka di Indonesia. Jika kita menghitung jumlah terbitan buku mengenai kopi sejak 1 dekade lalu, hasilnya tidak lebih dari itungan jari. Ada banyak kemungkinan mengapa buku soal kopi itu tidak banyak yang diterbitkan di Indonesia. Pertama, tidak banyak yang beli sehingga penerbit memikirkan ulang untuk menerbitkannya. Kedua, tidak ada yang menulis. Sudah jamak bahwa di negeri ini banyak orang cerdas tidak menulis. Jumlah profesor di negeri ini tidak sebanding dengan karya yang ditulis oleh mereka. Nah, tentu sangat gegabah jika kita mengatakan bahwa di Indonesia kita tidak memiliki pakar kopi. Tapi, merupakan hal benar jika kita mengatakan bahwa ahli kopi di Indonesia tidak atau belum menulis suatu karya. Ketiga, tidak ada ahli kopi di Indonesia ini. Kemungkinan ketiga ini bisa dikesampingkan sejak Indonesia memiliki Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, dan Q-Grader. Dari tiga kemungkinan tersebut, kemungkinan pertama dan kedualah yang sangat kuat sekali untuk dikukuhkan.

Beruntunglah baru-baru ini di Indonesia telah terbit buku mengenai kopi yang ditulis Edy Panggabean, dengan judul Buku Pintar Kopi, diterbitkan oleh AgroMedia, dengan tebal 226 halaman.

Barangkali seorang dari kita pernah mendengar pertanyaan mengenai apa perbedaan antara kopi robusta dan arabika. Atau barangkali kita masih jarang mendengar kopi liberika. Atau boleh jadi kita belum tahu genus dan spesies dari kopi. Nah, hal semacam itu bisa ditemukan di dalam buku ini. Buku Pintar Kopi, sebagaimana tersirat dari judulnya, merupakan sebuah jawaban akan kehausan kita mengenai informasi yang mengitari kopi dalam waktu tidak begitu lama. Itulah barangkali alasan di balik pemilihan judul buku ini.

Buku ini terdiri dari banyak bab. Saya katakan banyak bab lantaran memang penyusunan babnya agak bebas sehingga tidak ada nomor bagian atau bab. Jadi, agak sulit menentukan mana Bab, mana Subbab, dan mana Subsubbab. Terlepas dari itu, dalam buku ini dibahas mengenai:

  • Sejarah dan Perkembangan Bisnis Kopi
  • Fisiologi Tanaman Kopi
  • Jenis-jenis Kopi
  • Syarat dan Lokasi Tumbuh Tanaman Kopi
  • Persiapan Lahan, Bibit, dan Penanaman Kopi
  • Pemeliharaan
  • Panen
  • Metode Pengolahan Buah Kopi
  • Penyangraian
  • Penilaian Mutu Kopi
  • Pengemasan
  • Teknik Penyajian Kopi
  • Minuman Olahan Kopi
  • Perdagangan dan Pemasaran Kopi di Indonesia
  • Analisis Usaha Budi Daya Kopi
  • Lampiran I: Terminologi Kopi
  • Lampiran II: Alamat Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Nah, lengkap, bukan?

Secara umum Buku Pintar Kopi merupakan buku yang layak untuk dibaca dan dimiliki. Selain itu, Bab-Babnya, jika bisa disebut Bab, bisa menjadi bahasan tersendiri untuk dibincangkan dalam satu buku, tapi kita bisa membaca hal tersebut dalam 1 buku. Dengan membaca buku karya Edy Panggabean ini, bisa dipastikan informasi kita mengenai kopi akan menjadi lebih kaya. Kelebihan buku ini jugalah yang menjadi kelemahan buku ini :D Karena hendak menjadikan pembaca buku ini pintar akan kopi, maka bahasan yang diangkat pun kurang begitu komprehensif lantaran begitu banyak hal yang hendak dibahas, tapi rasanya itu tidak mungkin bisa dilakukan di 1 buku. Edy Panggabean tentu saja mampu melakukan itu, tapi belum tentu penerbitnya mau menerbitkan buku soal kopi dengan tebal di atas 800 halaman :D. Dan, sasaran pembaca yang dituju oleh buku ini sedikit rambang. Jika buku ini hendak membidik pembaca umum dalam artian dikemas secara populer, tapi harus diakui masih banyak topik bahan yang ditulis secara teknis, cocok untuk mahasiswa atau dosen, atau pelaku industri kopi. Hal itu dikuatkan dengan Wakil Rektor USU, Medan, dan Dekan Fak. Pertanian, USU, yang membuat buku ini terkesan akademis. Tapi, untuk menyebutkan buku ini sebagai buku akademis juga tidak memadai, lantaran tidak ditemukan secara signifikan kutipan dan catatan kaki langsung.

Nah, agaknya, kekurangan buku ini terletak pada soal penyuntingan. Semoga, pada cetakan kedua dari buku ini, penyuntingannya bisa lebih bagus lagi. Betapapun, kami merekomendasikan buku ini untuk dibaca :D

About these ads

Tentang philocoffeeproject

Philocoffee Project merupakan perusahaan berbasis kolektivitas yang berkumpul karena alasan kopi. Dalam proyek ini kami memusatkan perhatian soal kopi, mulai dari riset mengenai permasalahan yang terkait kopi sampai pendistribusian alat pemrosesan dan penyeduhan kopi. Fokus utama riset kami tercakup ke dalam dua tema besar: 1) transformasi gaya hidup pada peminum kopi; dan 2) peningkatan kualitas kopi di sektor hulu. Untuk unit bisnis, kami merupakan distributor resmi dari Baratza (USA), Cafelat (HK), Pallo (USA), Espro (Kanada), Chemex (USA), Motta (Italia), Porlex (Jepang), Able Brewing Company (USA), Coffeega (Korea), Quest Coffee Roaster (Taiwan), dan retailer resmi Hario (Jepang), iSi (Austria), Bialetti (Italia), AeroPress (USA), Handpresso (Prancis), Presso ROK (UK), KeepCup (Australia), dan mypressi TWIST (USA). Kami sangat senang sekali jika pembaca blog ini bisa berbagi informasi soal kopi dengan kami. Untuk menghubungi kami silakan kirim surel ke: info[at]philocoffeeproject[dot]com

  1. Ping-balik: Toni Wahid & Cikopi: Titik Balik Geliat Kopi di Indonesia (1) « philocoffeeproject

  2. budiman

    Bukunya menarik sekali! Boleh tahu kontak penerbitnya?

  3. sebenarnya buku-buku beliau sudah banyak ditemui di toko2 buku terkenal pak, jadi silahkan browsing langsung ke toko buku besar terdekat..

  4. rijalulloh

    klo buku untuk tekhik roasting kopi dan barista ada gak?

  5. gimana cara pesannya ya? saya mau pesan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.028 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: